ü Sekilas gambaran auditi
ü Jumlah dan klasifikasi KONDISI (ketidaksesuaian dan observasi)
ü KONDISI
ü Rekomendasi
ü Harapan/saran/tindak lanjut.
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT sehingga ”Laporan Audit Mutu Internal Sekolah Dasar Negeri xx Tahun 20xx” ini dapat diselesaikan. Laporan ini disusun sebagai laporan hasil audit oleh Tim Audit Mutu Internal berdasarkan Surat Tugas Kepala Sekolah Nomor xx tanggal xx tentang xx.
Berdasarkan hasil audit terdapat beberapa kondisi yang keseluruhannya sudah mendapat tanggapan dari pihak auditi. Harapan kami kondisi tersebut dapat segera ditindaklanjuti sehingga dapat meningkatkan kualitas dan kinerja.
Apresiasi kami sampaikan kepada auditi yang telah berkooperatif dalam pelaksanaan kegiatan audit ini. Ucapan terima kasih kami berikan bagi semua pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan.
Bandung, xx
DAFTAR ISI
Ringkasan Eksekutif........................................................................................................
Kata Pengantar...............................................................................................................
Daftar Isi ........................................................................................................................
Bab 1. Pendahuluan.......................................................................................................
1.1. Latar Belakang..........................................................................................
1.2. Tujuan Pemeriksaan..................................................................................
1.3. Lingkup Pemeriksaan............................................................................
1.4. Dasar Hukum/Aturan yang Digunakan.................................................
1.5. Batasan Pemeriksaan...........................................................................
1.6. Metode Pemeriksaan...........................................................................
1.7. Tahapan Pemeriksaan...............................................................................
1.8. Kajian Ulang Hasil Audit Sebelumnya..................................................
1.9. Pengorganisasian Tim Audit.................................................................
Bab 2. Gambaran Umum Departemen xx.................................................................
2.1. Latar Belakang Pendirian..........................................................................
2.2. Visi, Misi dan Tujuan Departemen............................................................
2.3. Pejabat Departemen.................................................................................
2.4. Organisasi Pelaksana................................................................................
2.5. Alamat Auditi.............................................................................................
Bab 3. Hasil Pemeriksaan...............................................................................................
3.1. Temuan-A1.xx............................................................................................
3.2. Temuan-A2. xx ..........................................................................................
3.3. Temuan-A3. xx...........................................................................................
3.5. Temuan-A5. xx...........................................................................................
3.2. Temuan-A6. xx ..........................................................................................
Bab 4. Kesimpulan..........................................................................................................
Lampiran.........................................................................................................................
BAB I
Pendahuluan
Tuntutan masyarakat terhadap kualitas pendidikan saat ini semakin menjadi pacuan bagi setiap satuan pendidikan untuk meningkatkan mutu beserta pelayanannya. Pemerintah juga memperkuat hal ini dengan mengeluarkan berbagai undang-undang dan peraturan yaitu Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, Undang-undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang standar Nasional pendidikan
SD Negeri xx merupakan Sekolah negeri yang terus berusaha untuk meningkatkan kualitas baik dalam segi mutu maupun pelayanan administrasi bagi siswa itu sendiri. Hal ini juga terkait dengan salah satu misi Sekolah yaitu menyelenggarakan pendidikan bermutu tinggi dan pembinaan siswa yang komprehensif dalam rangka meningkatkan daya saing bangsa. Menyikapi kondisi ini, sudah seyogyanya sekolah mengembangkan sistem penjaminan mutu dan melakukan pengendalian internal dengan melaksanakan audit mutu internal. Terkait dengan peningkatan mutu input, proses dan output pendidikan serta pengembangan sistem penjaminan mutu, maka diperlukan suatu audit mutu internal. Kegiatan audit mutu internal merupakan salah satu bentuk monitoring dan evaluasi yang dilakukan terhadap capaian maupun target-target yang telah ditetapkan.
1.2. Tujuan Pemeriksaan
1. Mengevaluasi kepatuhan/ketaatan penjaminan mutu internal terhadap kebijakan mutu, standar dan sasaran mutu, POS
2. Mengevaluasi kepastian bahwa lulusan memiliki kompetensi sesuai dengan yang ditetapkan oleh Sekolah.
3. Untuk memastikan konsistensi penjabaran kurikulum sekolah dengan kurikulum 2013
4. Dll.
1.3. Lingkup Pemeriksaan
a. Sasaran Pemeriksaan
Standar isi, proses, kompetensi lulusan dan pengelolaan
b. Periode yang Diperiksa
Pelaksanaan akademik semester genap dan ganjil periode tahun 20xx sampai dengan tahun 20xx.
1.4. Batasan Pemeriksaan
1. Semua informasi tentang pengelolaan sekolah xx Tahun Akademik xx.
2. Pemeriksaan meliputi prosedur-prosedur yang dirancang untuk memberikan keyakinan yang memadai dalam mendeteksi adanya ketidaksesuaian dari pelaksanaan pembelajaran yang berpengaruh terhadap pelayanan mutu Sekolah.
1.5. Metode Pemeriksaan
Kegiatan pemeriksaan diawali dengan melakukan audiensi sebagai kunjungan awal dengan pimpinan maupun bagian yang terkait dengan kegiatan sekolah. Kemudian dilakukan pemeriksaan dokumen dan peninjauan lapang. Data dan informasi selanjutnya dianalisis hingga diperoleh hasilnya. Pembahasan dilakukan untuk verifikasi serta untuk mendapatkan tanggapan dan komitmen tindak lanjut dari auditi.
1.6. Tahapan Pemeriksaan
Pelaksanaan kegiatan audit dimulai dari persiapan administrasi yang dilakukan oleh Penjamin mutu. Tim auditor kemudian melakukan perencanaan audit, survey pendahuluan, desk evaluation, visitasi, penyusunan temuan dan rekomendasi hingga penyusunan laporan. Audit Sistem dilaksanakan pada tanggal xx, dan Audit Lapangan dilaksanakan pada tanggal xx di xx (jadwal terlampir). Tahap tindak lanjut hasil audit dan tahap evaluasi kegiatan audit dilakukan oleh Penjamin Mutu.
1.7. Kajian Ulang Hasil Audit Sebelumnya
Berdasarkan laporan hasil audit mutu internal tahun 2012, Sekolah memiliki temuan, yaitu :.........
1.8. Pengorganisasian Tim Audit
Ketua Tim :
Anggota :
BAB II
GAMBARAN UMUM
Sekolah XX
2.1. Latar Belakang Pendirian
2.2. Visi, Misi dan Tujuan
2.3. Organisasi Pelaksana dan Pejabat
2.4. Pelaksanaan Pembelajaran
2.5. Alamat Auditi
(disesuaikan dengan informasi Sekolah)
BAB III
HASIL AUDIT MUTU INTERNAL
3.1. Hasil Audit
Form-3 dan Form-4.
BAB IV
KESIMPULAN
lampiran
Form-1
Form-2
Form-3
Form-4
Kertas Kerja Audit lainnya